Skip to main content

Featured

"Orang Pendek" bukan Sekedar Mitos.

- 2014 Akhir tahun 2014, saya ketika itu bepergian ke daerah Bengkulu. Ketika itu saya memilih jalan darat, karena selain lebih murah, perjalanan darat juga memberi suatu hal yang saya sebut sebagai "perjalanan yang sesungguhnya". Saat itu saya menggunakan jasa suv yang di jadikan travel.   Singkat cerita, saya memasuki perbatasan Lampung - Bengkulu melewati daerah bergunung dengan hutan lebat. Driver menyebut daerah ini dengan nama Hutan Lindung. Kemudian saya menyimpulkan bahwa kawasan ini sebenarnya adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Salah satu kawasan Taman Nasional terluas dan terkaya di bumi sumatera ini membentang dari Lampung hingga ke Bengkulu.   Seperti biasa, dalam perjalanan saya mengobrol bebas dengan penumpang lain dan driver tentunya sampai akhirnya masuk ke sebuah cerita yang di sampaikan Driver dengan logat khas bengkulu itu. "Dulu kalau saya lewat sini, sering banyak anak kecil pak". Anak kecil macam apa yan

Kebakaran Hutan dan Lahan ; Sebab, Jenis, dan Manfaat

Penyebab Kebakaran Hutan

Mengatasi kebakaran hutan tentu tidak akan berhasil dengan baik jika kita tidak mengetahui apa yang menyebabkan kebakaran hutan. Berdasarkan Mata Kuliah kebakaran Hutan di Fakultas Kehutanan,  Institut Pertanian Bogor (yang saya ingat sepotong potong kecil) penyebab kebakaran dikategorikan menjadi dua sebab utama yaitu sebab alami, dan debabkan oleh manusia.

Kebakaran hutan yang terjadi secara alami bisa disebabkan antara lain oleh petir, gunung api, serta gesekan pohon (gesekan pohon hampir mustahil menyebabkan kebakaran secara alami, namun tetap saya masukkan disini hanya sebagai referensi).

Sedangkan kebakaran yang disebabkan oleh manusia ,bias terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Kebakaran secara sengaja, antara lain adalah, pembakaran lahan untuk berladang, pembuatan sekat bakar, serta pembersihan lahan dan alang-alang.  Sedangkan kebakaran yang tidak disengaja contohnya adalah punting rokok yang dibuang sembarangan, katanya sih bisa menyebabkan kebakaran , tapi tidak akan kita bahas lebih lanjut. Mengutip dari bapak dosen dalam kegiatan praktikum, kebakaran yang tak disengaja akibat punting rokok hampir mustahil terjadi kecuali pada kondisi yang sangat kondusif bagi bara api menjadi kobaran api.

Jenis Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan dibagi menjadi tiga jenis kebakaran yaitu :
  1. Crown Fire (Kebakaran Tajuk) : Kebakaran tajuk terjadi pada batang dan daun tajuk pohon. contohnya kebakaran yang terjadi pada hutan hujan tropis
  2. Surface Fire (Kebakaran Permukaan) : Kebakaran permukaan terjadi pada permukaan tanah, seperti padang ilalang dll.
  3. Ground Fire (Kebakaran dalam tanah) : Kebakaran ini terjadi di dalam tanah, umumnya terjadi di lahan gambut yang telah mongering.

Kebakaran Hutan yang Positif.

Memang ada kebakaran hutan yang positif? tentu saja ada. Contohnya adalah pembuatan sekat bakar. Pada kebakaran yang terkendali, pembakaran hutan seperti ini justru sangat efektif untuk mencegah kebakaran hutan yang lebih besar.

Pada kondisi tertentu, kebakaran dapat menyuburkan tanah. Hal ini pula yang dimanfaatkan oleh penduduk yang menganut perladangan berpindah dengan teknik Slash and Burn (Tebas Bakar).

Selain itu, pada beberapa ekosistem, suksesi puncak (Klimaks) terjadi karena api sehingga adanya kebakaran akan menyebabkan terjadinya suksesi primer maupun sekunder secara berulang.

Comments

Popular Posts