Skip to main content

Featured

"Orang Pendek" bukan Sekedar Mitos.

- 2014 Akhir tahun 2014, saya ketika itu bepergian ke daerah Bengkulu. Ketika itu saya memilih jalan darat, karena selain lebih murah, perjalanan darat juga memberi suatu hal yang saya sebut sebagai "perjalanan yang sesungguhnya". Saat itu saya menggunakan jasa suv yang di jadikan travel.   Singkat cerita, saya memasuki perbatasan Lampung - Bengkulu melewati daerah bergunung dengan hutan lebat. Driver menyebut daerah ini dengan nama Hutan Lindung. Kemudian saya menyimpulkan bahwa kawasan ini sebenarnya adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Salah satu kawasan Taman Nasional terluas dan terkaya di bumi sumatera ini membentang dari Lampung hingga ke Bengkulu.   Seperti biasa, dalam perjalanan saya mengobrol bebas dengan penumpang lain dan driver tentunya sampai akhirnya masuk ke sebuah cerita yang di sampaikan Driver dengan logat khas bengkulu itu. "Dulu kalau saya lewat sini, sering banyak anak kecil pak". Anak kecil macam apa yan

Dua Mahasiswa Indonesia Bergabung dengan Tim BRICC Expedition

Sabtu tanggal 2 Juli 2011, dua orang mahasiswa Indonesia dari Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi bergabung dengan tim BRINCC Expedition. Dua mahasiswa tersebut adalah Juli Setiawan yang akan bergerak di bidang Burung dan Ardi Muhammad Yunus di bidang mamalia kecil. Juli dan Yunus tiba pukul 14.00 WIB di bandara Tjilik Riwut kota Palangka Raya dan langsung bergabung dengan Tim BRINCC menyusul dua orang mahasiswa Jurusan Anthropologi dari Universitas Indonesia yang telah bergabung sebelumnya yaitu Erisa Yiyi Muray dan Iis Sabahudin. Direncanakan masih ada beberapa orang lagi termasuk Mila Rahmania dan Andi Suncoko yang juga berasal dari IPB yang akan bergabung. Mereka yang sudah bergabung langsung berdiskusi dengan tim dan dilanjutkan dengan makan malam bersama.
Michal Zrust dan Yunus sedang berdiskusi mengenai mamalia kecil
 Tim BRINCC sendiri berasal dari berbagai negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Indonesia, Republik Ceko, Prancis, dan Kanada. Umumnya mereka telah lama bergerak di bidang konservasi di Indonesia dalam berbagai ekspedisi maupun penelitian ilmiah lainnya. Keterangan lengkap mengenai BINCC dapat dilihat di WEBSITE BRINCC sedangkan keterangan lengkap mengenai anggota tim bisa di lihat di About The TEAM.
Anggota Tim BRINCC sedang berkumpul
ki-ka duduk: Peter, Katherine, Dominic, Juli, Yiyi
ki-ka berdiri: Andrea, Yunus, Mike

Sedikit mengutip dari website BRINCC (Barito River Initiative for nature Conservation and Comunities) adalah ekspedisi independen yang dilakukan di Daerah Murung Raya kabupaten Puruk Cahu. Penelitian yg dilakukan meliputi berbagai flora, fauna, dan budaya. Ekspedisi ini diharapkan mampu memberi data ilmiah yang diharapkan dapat membantu upaya konservasi flora fauna di daerah murung raya dengan tetap mengedepankan kesejahteraan masyarakat.

Comments

Popular Posts